Kamis, 05 Maret 2015

Pantangan Makanan Penderita Diabetes Melitus

Berikut beberapa makanan yang sebaiknya dihindari oleh penderita diabetes melitus.

  1. Nasi
    Nasi makanan pokok masyarakat Indonesia, Namun tidak bagi penderita diabetes. Justru Nasi adalah makanan pertama yang dilarang untuk para penderita diabetes. Kandungan karbohidrat sederhana pada nasi dapat menyembabkan lonjakan tinggi kadar gula darah. Ini jelas harus dihindari oleh para penderita diabetes.
     
  2. Mie
    Mie juga kaya akan kandungan karbohidrat sederhana. Mie akan membuat kenaikan kadar gula darah melonjak naik sangat cepat. Oleh karenanya, mie menjadi makanan kedua stelah Nasi yang paling dilarang untuk dikonsumsi olleh penderita diabetes. Untuk menjaga kestabilan kadar gula darah, sebaiknya mie dihindari.
     
  3. Roti
    Sebaiknya, ganti roti dengan makanan lain karena roti berbahan tepung bisa membuat kadar gula darah naik seperti halnya mengkonsumsi nasi dan mie.
     
  4. Makanan yang mengandung gula
    Makanan yang mengandung gula sudah jelas-jelas jadi pantangan untuk penderita gula. Karena tubuh sedang mengalami gangguan produksi insulin yang menyembabkan tidak ada lagi yang mengontrol kadar gula darah, Maka makanan yang mengandung gula tentu saja harus dikurangi.
     
  5. Makanan Instan
    Makanan instan tidak memiliki jumlah nutrisi yang diperlukan tubuh, mengkonsumsi makanan instan secara terus menerus membuat tubuh jadi kekurangan nutrisi karena kebutuhan nutrisi tubuh tidak terpenuhi agar tubuh bisa menjalankan fungsinya dengan baik.
     
  6. Buah
    Buah sebetulnya tidak dilarang karena pada dasrnya buah memiliki serat tinggi sehingga baik untuk pencernaan. Namun pilihlah buah yang tidak memiliki kadar gula tinggi agar tidak membuat lonjakan kadar gula darah tinggi. Jeruk, apel, pir, alpukat masih diperbolehkan untuk penderita diabetes.
     
  7. Kafein dan Alkohol
    Alkohol adalah minuman yang memperberat kinerja hati dan pankreas yang bertugas memproduksi hormon insulin. Hindari segala jenis minuman yang mengandung alkohol dan juga kafein. Dampak yang dibawa oleh kedua jenis minuman ini terhadap penyakit diabetes mellitus selalu buruk.
     
  8. Makanan Berlemak
    Makanan berlemak, makanan berminyak dan yang mengandung gula seringkali memberikan asupan kalori yang terlalu berlebihan. Sementara itu, kandungan nutrisinya malah lebih sedikit. Inilah yang menyebabkan mengapa penderita diabetes sebaiknya tidak mengkonsumsi makanan tersebut, mengingat umumnya makanan tersebut menjadi pemicu obesitas dan seringkali memicu penyakit diabetes.
     
  9. Olahraga terlalu berat
    Pantangan makanan penderita diabetes yang terakhir rupanya tidak terkait dengan makanan. Olahraga memang disarankan bagi penderita diabetes agar mereka dapat menjaga kestabilan gula darah mereka. Namun mengingat kondisi fisik mereka yang lemah akibat kadar gula darah mereka, disarankan agar melakukan olahraga ringan dan tidak berlebihan. Jika tidak, ditakutkan tubuh akan mengalami dehidrasi dan itu hanya akan memperburuk kondisi kesehatan mereka.
Itulah sekilas artikel ini semoga bermanfaat bagi pembaca, dan apabila anda sebagai penderita diabetes segera atasi penyakit anda sebelum terlambat. 

Baca juga artikel lainya Pengobatan Tradisional Diabetes Melitus

Tidak ada komentar:

Posting Komentar