Jumat, 20 Maret 2015

Jenis-Jenis Penyakit Glaukoma

Taukah anda Glaukoma adalah penyebab kebutaan terbesar ke-2 didunia? Bahkan Glaukoma termasuk dalam kelompok penyakit mata yang mampu merusak optik mata dan mengakibatkan kebutaan. Jadi sebernanya Apa itu Glaukoma?

Glaukoma adalah penyakit dimana tekanan fluida meningkat pada mata. Jika hal ini tidak segera ditangani mungkin pasien yang mengidap penyakit ini akan kehilangan penglihatan matanya.penyakit ini umumnya dapat mempengaruhi kedua belah mata, walaupun mungkin hanya salah satu mata yang mengalami gejala parah.

Penyebab Glaukoma?

Sebenarnya penyebab glaukoma belum sepenuhnya diketahui. Namun biasanya Glaukoma terjadi akibat penumpukan cairan mata yang menyebabkan syaraf - syaraf mata rusak dan tidak bisa menghantarkan darah kebagian mata.

Pada mata yang sehat Cairan mata akan dikeringkan secara teratur.Namun pada mereka yang mengidap penyakit Glaukoma sistem Drainase di mata tidak bekerja dengan baik, sehingga cairan dimata menumpuk dan menyebabkan tekanan pada mata. Seiring waktu mata yang mengalami tekanan perlahan  menyababkan serabut saraf yang penting mati.

Jenis - jenis Glaukoma

Ada beberapa jenis penyakit glaukoma, diantaranya adalah sebagai berikut :

a. Glaukoma Sudut Tertutup
Glaukoma ini termasuk kedalam Glaukoma akut. ia akan datang secara tiba- tiba. Pasien akan mengalami sakit yang luar biasa dan bahkan tidak bisa melihat sama sekali dalam seketika. Tetapi untungnya karena rasa sakit tersebut si pendertia akan segera bergegas mendatangi dokter sehingga cepat ditangani dan mencegah kerusakan pada mata semakin parah.

b. Glaukoma Sudut Terbuka
Proses Penyakit Glaukoma ini sangat lambat sehingga pasien sama sekali tidak merasakan gejala apapun dan tidak mengetahuinya. Sehingga banyak orang tidak segera mendapatkan perawatan medis sampai terjadi kerusakan yang permanen pada mata.

c. Ketegangan Glaukoma Rendah
Pada jenis ini tekanan pada mata normal, namun kerusakan saraf optik masih berjadi. Mungkin hal ini disebabkan karena saraf mata over sensitiv.

d. Pigmen Glaukoma
Jenis ini umumnya berkembang pada awal atau pertengahan dewasa. Butiran pigmen yang muncul dari belakang iris tersebar didalam mata. dan mengakibatkan meshwork trabecular. sehingga tekanan penglihatan mata menurun.

Gejala Penyakit Glaukoma

Untuk mengetahui apakah anda terkena penyakit glaukoma, setidaknya anda harus mengetahui seperti apa gejala glaukoma terlebih dahulu. Berikut ini adalah beberapa gejala yang biasanya terjadi ketika seseorang mengalami glaukoma.
  • Sakit Mata yang Parah
  • Penglihatan menjadi Kabur
  • Kemerahan Pada Mata
  • Sakit Mata yang disertai Mual dan Muntah
  • Ketika melihat lampu anda akan melihat pelangi dan mata terasa sakit karena pembengkakan mata
  • Terjadi masalah penglihatan yang tak terduga akibat kekurangan cahaya.
Baca juga artikel Obat Tradisional Glaukoma

Tidak ada komentar:

Posting Komentar