Kamis, 22 Januari 2015

Pengertian Kista Ovarium

Kista Ovarium adalah Kista yang tumbuh di dalam atau permukaan ovarium (indung telur).Kista ovarium sering terjadi pada wanita di masa reproduksinya.

Indung telur adalah rongga berbentuk kantong berisi cairan di dalam jaringan ovarium. Kista tersebut disebut juga kista fungsional karena terbentuk setelah telur dilepaskan sewaktu ovulasi. Kista fungsional akan mengkerut dan menyusut setelah beberapa waktu (setelah 1-3 bulan), hingga biasanya dokter yang mencurigai terbentuk kista menganjurkan penderita melakukan kontrol kembali 3 bulan kemudian. Selama waktu menunggu tersebut, kadang-kadang dokter menganjurkan penderita agar minum pil KB agar tidak terjadi ovulasi.

Demikian pula yang terjadi bila seorang perempuan sudah menopause, kista fungsional tidak terbentuk. Untuk meyakinkan apakah perempuan mengidap kista, dokter melakukan pemeriksaan sonogram.

Jenis Kista Ovarium

Kebanyakan kista yang ditemukan adalah kista fungsional yang dibagi menjadi 4:

• Kista folikuler.
Kista ovarium yang terjadi dari folikel normal yang melepaskan ovum yang ada di dalamnya. Terbentuk kantung berisi cairan atau lendir di dalam ovarium.

• Kista corpus luteum.
Kista jenis ini lebih jarang terjadi, ukurannya lebih besar dari kista fungsional. Kista ini timbul karena waktu pelepasan sel telur terjadi perdarahan, dan lama-lama bisa pecah dan timbul perdarahan yang kadang-kadang perlu tindakan operasi untuk mengatasinya. Keluhan biasanya timbul rasa sakit yang berat di rongga panggul.

• Kista teka lutein.
Kista jenis ini lebih jarang terjadi dan sering dihubungkan dengan terjadinya kehamilan di luar kandungan (ektopik pregnansi). Kista ini akan hilang sendiri tanpa pengobatan atau tindakan begitu kehamilan di luar kandungan dikeluarkan.

• Polikistik kista.
Kista jenis ini banyak yang mengandung cairan jernih. Bisa timbul di kedua ovarium kiri dan kanan, berhubungan dengan gangguan hormon dan gangguan menstruasi.* Penyakit Kista Ovarium (Kista Indung Telur).

Baca juga artikel lainya Obat Kista Ovarium Alami

Tidak ada komentar:

Posting Komentar